Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa

Sukmawandi Rahmat
By -
0

Sebelum memasuki tahun ajaran baru, sudah pasti kita harus mempersiapkan banyak hal. Salah satu persiapan yang perlu diperhatikan adalah laptop. Laptop bisa dikatakan kebutuhan primer untuk mahasiswa. Karena pengerjaan tugas makalah, presentasi, keperluan di bagian akademik, dan lain sebagainya tidak terlepas dari penggunaan laptop. Mau pinjem laptop sama teman terus-menerus bawaannya tidak enak karena sama-sama membutuhkan, mau ke warnet butuh biaya apalagi dalam waktu yang cukup lama. Mending beli laptop sendiri lebih enak.

Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa
Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa | sumber: pricebook.com

Dalam hal memilih laptop, seringkali kita bingung nih untuk menentukan laptop seperti apa yang akan kita beli. Beberapa pertanyaan yang muncul biasanya "Kira-kira spesifikasi laptop seperti apa yang saya butuhkan?", "Harganya berapa ya?", atau “Operating System (OS)-nya yang cocok apa ya?” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Disini, saya akan sedikit memberikan tips mengenai pemilihan laptop untuk mahasiswa.

Budget

Hal pertama yang menjadi pertimbangan di dalam memilih atau membeli laptop adalah budget. Apalagi seorang mahasiswa biasanya menginginkan laptop dengan harga murah karena rata-rata masih minta uang sama orang tua. 

Budget
Budget | sumber: istockphoto.com

Mulailah menyaring laptop sesuai dengan budget yang kamu miliki. Disarankan untuk membuat list tipe laptop yang bisa dibeli sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Cek Spesifikasi Laptop

Setelah membuat list tipe laptop, selanjutnya cek masing-masing spesifikasi dari list tipe laptop yang sudah dibuat tadi. Untuk informasi spesifikasi bisa dicek di Google atau bila perlu datang ke tokonya langsung ke penjual laptop. Perlu diperhatikan bahwa spesifikasi laptop menyesuaikan dengan kebutuhan. Spesifikasi laptop yang dibutuhkan berbeda-beda setiap jurusan. Misalnya kebutuhan mahasiswa untuk sekedar mengetik bisa menggunakan tipe laptop yang biasa saja. Sedangkan untuk mahasiswa jurusan teknik biasanya menggunakan program untuk modelling seperti AutoCAD dan sebagainya membutuhkan laptop yang mempunyai VGA dan RAM yang cukup besar, Prosesor yang tinggi dan sebagainya.

Untuk mahasiswa yang banyak mengerjakan tugas menggunakan laptop di luar rumah dalam waktu yang cukup lama membutuhkan spesifikasi laptop dengan baterai yang tahan cukup lama. Selain itu juga membutuhkan laptop yang ringan agar mudah dibawa kemana-mana.

Penggunaan Laptop di Luar Rumah
Penggunaan Laptop di Luar Rumah | sumber: educenter.id


Pemilihan OS (Operating System)

Pemilihan OS perlu diperhatikan, disarankan untuk menggunakan Microsoft Windows. Karena kebanyakan aplikasi yang sering digunakan hanya dibuat untuk versi Windows. Bukan berarti OS yang lain tidak mendukung. Hanya saja secara kebanyakan orang memakai OS Microsoft Windows.

Jika anda sudah terbiasa menggunakan MacOs atau Linux, beberapa aplikasi tertentu bisa saja tersedia. Untuk info lebih lanjut bisa searching di Google misalnya "Cara Install dan Menjalankan Aplikasi Windows di Linux" atau jika ada kesempatan, saya akan membuatkan artikel mengenai "Cara Install dan Menjalankan Aplikasi Windows di Linux".

Windows MacOs Linux
Operating System Windows, MacOs, dan Linux | sumber: computory.com

Disarankan Memilih Laptop yang Pre-Installed Windows

Sangat disarankan untuk membeli laptop pre-installed Windows, sehingga kamu tidak perlu lagi untuk melakukan instalasi lagi secara mandiri ataupun mencari jasa instalasi. Sistem Operasi Pre-Installed adalah sistem operasi yang sudah ada atau sudah terinstall pada saat kita membeli sebuah komputer atau laptop. Selain itu, mengingat harga sistem operasi Windows yang cukup mahal sehingga akan lebih baik bagi kamu untuk membeli laptop yang sudah pre-installed Windows. Hindari juga pemakaian Windows bajakan, karena mungkin akan ada bahaya lain yang mengintaimu, seperti virus, malware, dll.

Memilih Desain Laptop

Hal ini mungkin kadang luput dari perhatian, namun hal ini juga cukup penting. Jika anda memiliki jadwal kuliah yang cukup padat, atau anda mempunyai banyak aktivitas yang mengharuskan membawa laptop kemana-mana, anda pasti tidak mau membawa laptop yang berat. Sehingga, desain laptop juga perlu dipertimbangkan. Mulai dari berat, ukuran layar, desain keyboard, dan lain-lain.

Desain Laptop yang Tipis
Desain Laptop yang Tipis | sumber: rsinewsupdate.wordpress.com

Pastikan Laptop Bergaransi Resmi

Dan yang terakhir yang perlu diperhatikan adalah garansi. Kita pasti tidak mau laptop yang baru dibeli tiba-tiba rusak dan mengeluarkan biaya tambahan lagi. Pastikan anda mendapatkan garansi untuk laptop yang anda beli, karena dengan adanya garansi, kita mengetahui bahwa produk yang kita beli ada jaminan jika terjadi kerusakan. Pastikan juga anda membeli laptop di toko resmi atau terpercaya agar anda mendapatkan garansi yang resmi. Setiap laptop memiliki masa garansi yang berbeda-beda.

Garansi
Garansi | sumber: toyawater.com

Itulah sedikit Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa, semoga dapat membantu bagi anda yang merasa kebingungan di dalam memilih laptop yang sesuai kebutuhan. Untuk info lebih lanjut bisa searching di Google atau nonton video di youtube.

Jika ada kritik dan saran bisa dikirim melalui kolom komentar di bawah ini. Terima Kasih.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)