Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku Kurikulum 2013 Revisi 2017

Sukmawandi Rahmat
By -
0

Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan link download Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk guru maupun siswa SD/MI Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku. 

Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku Kurikulum 2013 Revisi 2017

Berikut sedikit pembahasan mengenai Buku Guru dan Buku Siswa yang dikutip dalam Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku Kurikulum 2013 Revisi 2017:

Tentang Buku Guru
Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas I

Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru tidak diharapkan menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari Buku Guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.

Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik.

Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.

1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi empat subtema dengan kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.

2. Ruang lingkup pembelajaran yang memberikan gambaran tentang kegiatan dan kemampuan yang dikembangkan dalam satu subtema.

3. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.

4. Media dan alat pembelajaran yang akan digunakan pada setiap kegiatan pembelajaran.

5. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari Kegiatan Pembuka, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Penutup yang disusun untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.

6. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.

7. Berbagai teknik penilaian siswa.

8. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.

9. Petunjuk penggunaan Buku Siswa.

Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut.

1. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan, demonstrasi, dan pemecahan masalah.

2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).

3. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.

4. Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.

5. Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

6. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.

7. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Tentang Buku Siswa
Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas I

Buku teks yang berbasis aktivitas ini disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan yang sangat mengedepankan pada pencapaian kompetensi siswa sesuai standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang, peserta didik maupun guru tidak diharapkan menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku teks yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Buku ini lebih sebagai buku aktivitas siswa yang masih membutuhkan buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah sebagai penunjang, mengingat buku-buku tersebut memang didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lainnya yg relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.

Berbeda dengan Buku Siswa sebelumnya, berdasarkan kesepakatan para penulis dan pihak Puskurbuk, Buku Siswa kali ini tidak dilengkapi dengan lembar latihan. Hal ini dilakukan agar guru lebih memaksimalkan kegiatan dan latihan-latihan sepanjang kandungan buku siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan bukannya meloncat langsung pada latihan-latihan penyelesaian soal. Jika diperlukan, guru juga dapat berkreasi sendiri membuat soal-soal latihan dan bahan-bahan penilaian yang diperlukan dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik.

1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

2. Buku Siswa didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa.

3. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih terperinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.

4. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.

5. Buku Kelas I terdiri dari empat tema. Setiap tema terdiri dari empat subtema. Setiap subtema diuraikan ke dalam enam pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk satu hari. Penjelasan lebih rinci tentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Guru.

6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar yang bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul berdasarkan pendekatan saintifik sebagai berikut:

  • Mengamati: Ayo mengamati, Ayo membaca
  • Mencoba: Ayo mencoba, Ayo berlatih, Ayo berkreasi, Ayo bernyanyi, Ayo menari, Ayo bermain peran
  • Menalar: Ayo berdiskusi
  • Mengomunikasikan: Ayo bercerita, Ayo menulis.

7. Buku ini bersifat serba mencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh siswa secara mandiri di rumah.

8. Buku Siswa berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi siswa dan guru untuk melengkapi dan memperkaya materi dari berbagai sumber.

9. Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul “Kegiatan Bersama Orang Tua”. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan siswa bersama orang tua di rumah. Orang tua diharapkan terlibat aktif dalam proses belajar siswa sesuai pengalaman yang dimilikinya.

10. Pada setiap akhir subtema terdapat lembar refleksi diri dengan ikon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini merupakan penilaian pada diri sendiri yang bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.

Untuk Buku Siswa dan Buku Guru SD/MI Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini terdiri atas 4 subtema, antara lain:

  • Subtema 1: Kegiatan Pagi Hari
  • Subtema 2: Kegiatan Siang Hari
  • Subtema 3: Kegiatan Sore Hari
  • Subtema 4: Kegiatan Malam Hari

Buku Siswa dan Buku Guru SD/MI Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku Kurikulum 2013 Revisi 2017 selengkapnya dapat diunduh pada tautan yang tersedia di bawah ini:

Unduh/Download Buku Guru SD/MI Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku Kurikulum 2013 Revisi 2017

Unduh/Download Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku Kurikulum 2013 Revisi 2017

Untuk Buku SD/MI Kelas 1 Tema lainnya bisa dilihat pada tautan di bawah ini:

Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 1 Diriku [klik di sini]
Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku [klik di sini]
Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku [klik di sini]
Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 4 Keluargaku [klik di sini]
Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 5 Pengalamanku [klik di sini]
Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri [klik di sini]
Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman Sekitarku  [klik di sini]
Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 8 Peristiwa Alam [klik di sini]

Demikianlah Link Download Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku Kurikulum 2013 Revisi 2017. Semoga dapat membantu.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)