Soal Ulangan Harian Kelas 2 Tema 1 Sub Tema 2 dan Dilengkapi dengan Kunci Jawaban

Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan beberapa contoh soal ulangan harian kelas 2 Tema 1 (Hidup Rukun) Sub Tema 2 (Hidup Rukun dengan Teman Bermain) yang dilengkapi dengan kunci jawaban.

Soal berjumlah 40 yang terdiri dari 10 soal PKn Kelas 2 Tema 1 Sub Tema 2, 10 soal Bahasa Indonesia Kelas 2 Tema 1 Sub Tema 2, 10 soal Matematika Kelas 2 Tema 1 Sub Tema 2, dan 10 soal SBdP Kelas 2 Tema 1 Sub Tema 2.

Soal ini bisa dijadikan referensi bagi guru (pendidik) untuk membuat soal ulangan harian dan berguna juga untuk peserta didik dalam persiapan ulangan harian.

Berilah Tanda Silang (X) pada Huruf A, B, atau C Yang Dianggap Benar!

1. Sikap yang ditunjukkan saat bermain bersama teman adalah ....
A. kasar
B. egois
C. rukun

2. Ketika Udin mendapat kesulitan dalam melakukan pekerjaan, Edo mau membantunya. Sikap Edo sesuai dengan pengamalan Pancasila, yaitu ....
A. Persatuan Indonesia
B. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
C. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

3. Meskipun sedang bermain, Udin tidak melupakan kewajiban untuk beribadah.  Sikap sesuai dengan pengamalan Pancasila, yaitu ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga

4. Lambang dari sila kelima Pancasila adalah ....
A. kepala banteng 
B. padi dan kapas
C. bintang

5. Manfaat yang diperoleh, apabila bermain bersama teman  yaitu ....
A. mempererat persaudaraan
B. merusak nama baik teman
C. menjelekkan teman sendiri

6. Contoh pengamalan yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila di tempat bermain yaitu ....
A. Meminta izin untuk beribadah
B. Menjaga kekompakan antar pemain
C. Berdiskusi tentang aturan bermain

7. Sikap yang kita tunjukkan terhadap teman yang berbeda suku dan ras adalah ....
A. mengejek
B. meghormati
C. menghina

8. Hal yang terjadi apabila dalam bermain tidak ada kekompakan dengan team adalah ....
A. permainan akan menjadi menyenangkan
B. permainan akan menjadi kacau dan kalah
C. permainan akan menjadi menang

9. Seorang juri dalam pertandingan harus bersikap adil kepada semua pemain. Bersikap adil, sesuai dengan pengamalan Pancasila, sila ke ....
A. 5 B. 4
C. 3

10. Selalu bermusyawarah dan mengutamakan kepentingan orang banyak adalah bentuk cerminan sila yang berbunnyi ....
A. Persatuan Indonesia
B. Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmad Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
C. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

11. Kalimat ajakan ditandai dengan kata ....
A. tolong
B. wah
C. ayo

12. Perhatikan teks percakapan di bawah ini! Udin  :” Ayo belajar bersama di rumahku.”
Edo   :” Baiklah. Aku ke rumahmu nanti sore.”
Pada percakapan di atas terdapat kalimat ....
A. perintah
B. ajakan C. pertanyaan

13. Berikut yang termasuk kalimat ajakan yang tepat adalah ....
A. Lani adalah anak yang ringan tangan.
B. Ayo berlatih menari bersama!
C. Buku apa yang sedang lamu baca?

Perhatikan teks percakapan berikut ini, untuk menjawab soal nomor 14 – 18!
Beni  : "Minggu depan ada pertandingan sepak bola. Ayo ikut pertandingan itu, Udin!"
Udin  : "…………………..........................   Ayo kita ajak teman – teman yang lain!"
Beni   : "Tentu. Kita harus segara berlatih."
Udin   : " Ayo berlatih di lapangan dekat rumahku saja!"
Beni    : "Baiklah. Aku akan ke sana nanti sore."

14. Kalimat yang tepat diucapkan Beni untuk melengkapi titik-titik di atas adalah ....
A. Baiklah. Pasti menyenangkan.
B. Dimana pertandingan sepak bola?
C. Ayo kita menonton pertandingan itu!

15. Anak yang diajak  bermain bola dalam percakapan di atas adalah ....
A. Beni
B. Udin
C. Edo

16. Kalimat ajakan yang diucapakan Beni adalah ....
A. "Ayo ikut pertandingan itu, Udin!"
B. "Ayo berlatih di lapangan dekat rumahku saja!"
C. "Ayo berlatih menari bersama."

17. Percakapan antara Beni dan Udin membicarakan tentang ....
A. latihan menari
B. pertandingan sepak bola
C. lomba menghias sepeda

18. Kegiatan latihan sepak bola yang dilakukan Beni dan Udin akan dilaksanakan pada ... hari.
A. pagi
B. siang
C. sore

19. Perhatikan gambar berikut ini!

Urutan gambar agar membentuk cerita yang tepat adalah ....
A. 1 - 2 - 3 - 4
B. 2 - 1 - 3 - 4
C. 3 - 4 - 2 - 1

20. Kalimat yang sesuai  dengan gambar di bawah ini adalah ....

A. Udin dan Edo sedang menghias sepeda
B. Udin dan Edo sedang memperbaiki sepeda yang rusak
C. Udin dan edo sedang memutar roda seedanya

21. Kumpulan benda yang lebih sedikit berikut ini adalah ….
A.

B.

C. 

22. Udin, Made dan Edo mengikuti lomba lari dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan RI. Mereka mendapat nomor punggung yang berbeda. Udin nomor 143, Made nomor 118, dan Edo nomor 125. Yang memiliki nomor punggung paling besar adalah … .
A. Edo
B. Udin
C. Made

23. 148     ….   156.  Kata yang tepat untuk membandingkan dua bilangan di samping adalah ….
A. lebih dari
B. kurang dari
C. sama banyak

24. 275  lebih besar dari …
A. 290
B. 280
C.  270

25. 379    ….    389.   Tanda yang tepat untuk membandingkan dua bilangan di samping adalah ….
A. <
B. >
C. =

26. 351      ….      315. Tanda yang tepat untuk membandingkan dua bilangan di samping adalah ….
A. =
B. >
C. <

27. 124, 125, 126, 127 , 128 , 129,  …. 
 Bilangan yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah … .
A. 120
B. 40
C. 130

28. Ibu-ibu sibuk mempersiapkan konsumsi.
Ada 225 makanan kotak dan 252 minuman botol.
Jenis konsumsi yang paling banyak adalah … .
A. makanan kotak B. minuman botol
C. minuman botol dan makanan kotak

29. 242 , 243, 245, 244, 241  .
Urutan bilangan di atas mulai dari yang terkecil ke terbesar adalah …...
A. 245,  244,  243,  242,  241
B. 241,  242,  245,  244,  243
C. 241,  242,  243,  244,  245

30. Urutan bilangan mulai dari yang terbesar ke terkecil berikut ini yang benar adalah ….
A. 179,  180,  181,  182,  183
B. 166,  165,  164,  163,  162
C. 118,  117,  119,  120,  121

31. Bagian anggota tubuh yang biasanya digunakan saat menari adalah, kecuali ....
A. tangan
B. telinga
C. kaki

32. Perhatikan gambar di bawah ini!

Gerakan yang dilakukan anak tersebut adalah ....
A. menggerakan kaki ke kanan dan ke kiri
B. menganggukkan kepala ke atas dan ke bawah
C. menengok kepala ke kanan dan ke kiri

33. Berikut ini adalah contoh gerakan keseharian dengan menggerakkan tangan yaitu ....
A.

B.

C. 

34. Berikut ini adalah contoh gerakan keseharian dengan menggerakkan kaki yaitu ....
A.

B.

C. 


35. Menggerakkan badan dengan berirama disebut ....
A. berlari B. menyanyi
C. menari

36. Dita menirukan gerakan kupu-kupu terbang. Bagian anggota tubuh yang digunakan sebagai pengganti sayap adalah ....
A. tangan
B. kepala
C. kaki

37. Menari akan lebih indah jika diiringi dengan ....
A. musik B. peluit
C. teriakan

38. Lagu yang berjudul “Gembira Berkumpul” diciptakan oleh ....
A. Ibu Sud
B. A.T. Mahmud
C. Pak Kasur

39. Perhatikan gambar di bawah ini!


Yang dilakukan oleh anak tersebut adalah ...
A. berlari
B. bernyanyi
C. menari

40. Lagu yang berjudul “Wajib Belajar” diciptakan oleh ....
A. Restu Narwan Sutarmas
B. Ibu Sud
C. A.T. Mahmud 

Itulah beberapa soal yang admin bisa bagikan, semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments